12 Cara Mudah Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi Terbaru | Grabjek.com

Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi - Belum banyak orang yang mengetahui jika tarif Gojek bisa dicek tanpa harus melalui aplikasi. Cara ini berguna bagi Anda yang tidak mempunyai cukup ruang untuk menginstall aplikasi Gojek, karena bisa mengeceknya tanpa harus memasang aplikasi. Selain itu Anda juga tidak perlu order terlebih dahulu. Dengan cara cek tarif gojek tanpa pesan ini Anda bisa mengetahui tarif Gojek dalam kota hingga antarkota dalam satuan kilometer.

Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi dengan Maps

Tarif Gojek sifatnya tidak statis, karena bisa berubah-ubah sesuai faktor yang mempengaruhinya. Pada kondisi tertentu, tarif ini bisa lebih mahal, bisa juga lebih murah. Oleh karena itu, sebelum mengorder alangkah lebih baik Anda mengecek terlebih dahulu tarif perjalanan yang hendak ditempuh. Berikut informasi seputar cek tarif gojek yang bisa dilakukan tanpa aplikasi.

  1. Faktor yang Berpengaruh pada Tarif Gojek

Gojek telah menetapkan tarif berdasarkan sistem, sehingga baik driver maupun operator pusat tidak mempunyai kewenangan untuk mengubahnya karena semua sudah tersetting otomatis. Tarif yang diberlakukan pada Gojek dihitung dengan mempertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut.

  • Kalkulasi Jarak

Gojek menghitung berapa jarak yang ditempuh dari perpindahan satu titik ke titik lainnya dengan mengandalkan gps. Semakin jauh jarak tempuh, semakin mahal harganya. Prinsip ini tidak berbeda dengan Grab, karena patokan tarif grab mobil per km 2019 juga dihitung dari jarak.

  • Permintaan Konsumen

Gojek memberikan layanan yang membebaskan penumpang menyewa permintaan khusus. Tentu saja harga untuk layanan khusus lebih mahal daripada layanan biasa karena order bersifat pribadi.

  • Area Kumpul Driver.

Pada titik yang menjadi perkumpulan driver mangkal, biasanya tarif masih normal. Akan tetapi jika berada di daerah yang sedikit ditemukan driver, tarif gojek surabaya, Jakarta, Malang, dan kota-kota lainnya akan menjadi lebih mahal meskipun berada di kawasan padat.

  • Zona Tertentu.

Di titik-titik yang seringkali menjadi area rawan kemacetan, Gojek memberlakukan tarif lebih mahal. Hal ini dikarenakan driver membutuhkan waktu lebih untuk bisa menjangkau lokasi tersebut, sehingga perlu mendapatkan feedback berupa tarif yang sesuai.

  1. Cara Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi

Cara untuk cek tarif Gojek tanpa aplikasi bisa dilakukan melalui maps bawaan google. Pada setiap smatphone Android maupun iOS yang menggunakan layanan google maps, cara ini bisa dilakukan. Anda tidak harus mempunyai aplikasi gojek atau grab jika ingin mengecek tarif grab kediri misalnya atau ke daerah lain. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Maps, usahakan sudah dalam versi yang terupdate. Aplikasi ini adalah bawaan dari Google sehingga setiap smarpthone umumnya sudah otomatis ada sejak instalasi OS.
  • Ketikkan alamat yang akan dituju pada kolom tersedia.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menemukan hasil pencarian. Pilih salah satu yang paling sesuai.
  • Tekan Direction yang terletak pada kiri bawah. Dengan fitur ini Anda akan diarahkan rute menuju alamat tujuan, berapa jarak tempuh, lama perjalanan, hingga jalan mana saja yang menjadi alternatif jika terjadi kemacetan.
  • Ketikkan alamat yang menunjukkan lokasi penjemputan Anda.
  • Pilih mode transit yang ditunjukkan dengan ikon orang melambaikan tangan.
  • Pilih salah satu platform penyedia ojek online yang tersedia, seperti Gojek atau Grab.
  • Pilih jenis layanan yang dibutuhkan, seperti motor, mobil, taxi, dan sebagainya.
  • Selanjutnya akan ditampilkan estimasi harga beserta lama perjalanan yang dibutuhkan. Maps ini bisa dipakai di daerah manapun, sehingga dengan ini Anda sudah bisa mengetahui tarif grab jogja, Jakarta, Surabaya, ataupun daerah lainnya tanpa perlu aplikasi langsung.
  1. Tarif Gojek Beberapa Daerah

Secara umum, patokan yang digunakan untuk menentukan tarif ojek lain adalah sama. Faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas turut berpengaruh, sehingga harga tarif bisa berubah-ubah tergantung situasi. Tarif ini bisa dicek tanpa harus melalui aplikasi Gojek atau Grab langsung. Berikut daftar tarif Gojek di beberapa daerah yang berlaku secara umum.

  • Tarif wilayah Zonasi I

Pembagian wilayah Zonasi I meliputi Sumatera, Jawa selain Jabodetabek serta Bali. Batas bawah tarif grabcar surabaya malang dan daerah lainnya adalah Rp 2.312 per kilometer, sedangkan batas tarif maksimal yaitu Rp 2.875 per kilometer. Tarif ini belum dihitung dengan faktor lain seperti komisi untuk penyedia jasa dan bagi driver.

  • Tarif wilayah Zonasi II

Kategori wilayah Zonasi II yaitu area Jabodetabek. Batas minimal tarif ojek online di wilayah ini adalah Rp 2.500 per kilometer, sementara batas tarif paling atas adalah Rp 3.125 per kilometer. Harga ini belum termasuk faktor lain-lain, karena di titik yang rawan kemacetan, tarif akan mengalami kenaikan.

Baca:  Ingin Bisnis Kuliner Anda Tambah Untung? Yuk Simak Cara Cepat Daftar Grabfood!

Kenaikan juga mungkin terjadi pada jam-jam berangkat atau pulang kerja. Tarif ini juga perlu ditambahkan dengan komisi bagi penyedia layanan seperti Gojek atau Grab, serta ada juga komisi driver. Sehingga jika ditotalkan semua, tarif akan naik.

  • Tarif wilayah Zonasi III

Wilayah Zonasi III meliputi Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, serta Papua (area WITA selain Bali dan WIT). Tarif ojek online minimal yaitu Rp 2.625 per kilometer, sedangkan tarif maksimalnya Rp 3.250. Tarif ini juga perlu mempertimbangkan jarak dan kemudahan akses perjalanan.

Itulah beberapa cara cek tarif grab mobil per km 2020 tanpa harus memasang aplikasi dan tanpa mengordernya terlebih dahulu. Cara ini cukup akurat, karena patokannya dibuat berdasarkan tarif satuan jarak yang sama dengan Gojek. Jika pun ada perbedaan selisih harga, setidaknya tidak terlalu jauh. Cara ini praktis dipakai dalam keadaan mendesak, apalagi jika Anda tidak mempunyai aplikasi Gojek di smartphone

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *