3 Perbandingan Lebih Murah Grab atau Gojek Yang Harus Kamu Tahu

Lebih Murah Grab atau Gojek - Siapa yang tidak tahu Grab dan Gojek? Dua aplikasi ojek online tersebut telah lama populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan keduanya, Anda bisa pergi ke manapun tanpa perlu menunggu lama, bisa memesan makanan tanpa harus datang ke penjualnya, dan bisa mengantar barang dalam waktu yang cepat. Berbagai fitur atau layanan lain dari keduanya juga sangat membantu kegiatan sehari-hari setiap orang. Jika Anda adalah pengguna setia keduanya, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui di antara gojek dan grab bagus mana.

Melihat Perbedaan antara Gojek dan Grab dalam Beberapa Hal

Sebagai dua aplikasi ojek online dengan fungsi dan tujuan yang sama, Grab dan Gojek tentu memiliki perbedaan pada beberapa hal. Perbedaan tersebut di antaranya terletak pada tarif yang diberikan.  Untuk membantu Anda melihat perbedaan di antara keduanya, berikut adalah rangkumannya.

  1. Perbedaan Tarif Gojek dan Grab

Meski tidak terlalu signifikan, namun Grab dan Gojek tetap memiliki perbedaan tarif. Keduanya memiliki aturan tersendiri dalam menetapkan tarif untuk setiap layanan yang diberikan. Perbedaan tarif Gojek dan Grab 2019 yaitu, untuk Gojek, perjalanan antara 11-15 KM dipatok dengan harga 15.000. Kemudian apabila perjalanan Anda lebih dari 15 KM, maka biaya tambahannya adalah 2.000/KM.

Kemudian untuk Grab Bike, harga yang dipatok setiap 1 KM adalah 1.500. meski begitu, Grab juga memberikan tarif minimum sebesar 10.000. Jadi, ketika jarak tempuh perjalanan Anda dengan Grab Bike 6 KM, uang yang harus dibayarkan tetap 10.000, bukan 6X1.500=9.000. Baru apabila Anda melakukan perjalanan dan uang yang harus dibayarkan lebih dari 10.000, perhitungan baru didasarkan dengan perkalian. Contoh, untuk perjalanan 10 KM, maka biayanya 10X1.500=15.000.

Baca:  Rahasia Akun Grab Gacor yang Perlu Anda Ketahui

Namun, keduanya juga menetapkan harga yang berbeda pada saat-saat sibuk. Untuk Gojek, Anda akan dimintai biaya tambahan saat memesan di jam-jam sibuk,  sehingga tarifnya lebih mahal dari jam biasa. Kemudian untuk Grab Bike, Anda juga akan diminta membayarkan uang tambahan 5.000 setiap memesan di jam-jam sibuk, yaitu pada hari Senin-Jumat pada pukul 06.00-09.00 dan pukul 16.00-19.00.

Perbedaan tarif Gojek dan Grab 2020 juga berlaku hampir serupa dengan tahun 2019. Lalu selain perbedaan tarif pada layanan ojek online, tarif untuk Gocar dan Grabcar juga cukup berbeda. Untuk GOCar, tarif minimumnya adalah 10.000 dengan jarak 1-2,85KM. Jika lebih dari jarak itu, Anda akan dikenakan biaya 3.500/Km. Tarif tersebut hanya berlaku di jam-jam biasa. Apabila Anda memesan di jam sibuk, tentu saja akan ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.

Namun untuk Grab Car, belum diketahui pasti tarif yang dipatok di jam-jam sibuk. Adapun untuk jam-jam biasa, Grab Car memberikan tarif minimum yang sama dengan Gocar, yaitu 10.000. Selanjutnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar 4.000/Km.  Jadi, apabila Anda melakukan perjalanan sepanjang 1KM, uang yang harus dibayarkan tetap 10.000, bukan 4,000.

  1. Perbedaan Layanan GoJek dan Grab

Jika Anda bertanya, bagus mana Grab atau Gojek, maka jawabannya pun relatif. Sebab keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Nah, selain tarif, Grab dan Gojek memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada layanan yang diberikan. Gojek memiliki layanan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan Grab. Fitur-fitur dari Gojek masih lebih banyak jika dibandingkan dengan fitur yang diberikan Grab.

Saat ini, Gojek memiliki fitur seperti Go Food, Go Car, Go Pulsa, Go Box, Go Tix, Go Shop, Go Clean, Go Mart, Go Glam, dan fitur lainnya. Layanan tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari tanpa perlu keluar dari rumah. Seperti untuk membeli makanan, membersihkan rumah, membeli pulsa atau tiket bioskop, mengantarkan barang, dan juga kegiatan lainnya.

Baca:  Pilih Gabung Gojek atau Grab? Ini 5 Perbandingan Yang Harus Kamu Tahu | Grabjek.com

Sementara untuk Grab, layanan atau fitur yang ditawarkan masih cukup terbatas. Layanan yang diberikan Grab seperti  Grab Bike, Grab Express, dan Grab Food. Jadi, dapat dikatakan bahwa layanan yang banyak merupakan salah satu keunggulan Gojek dibandingkan Grab. Keunggulan tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda yang hendak memilih satu di antara keduanya. Sebab sama seperti Gojek, Grab juga memiliki keunggulan tersendiri.

  1. Syarat Bagi Pendaftaran Menjadi Mitra Antara Gojek dan Grab

Jika Anda bertanya lebih mudah daftar gojek atau grab, maka jawabannya adalah Gojek. Perbedaan ketiga antara Gojek dan Grab adalah pada syarat pendaftaran menjadi mitra bisnisnya. Ada beberapa persyaratan tentunya yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi mitra bisnis Grab maupun Gojek. Jika Anda hendak menjadi mitra bisnis Gojek, maka Anda perlu mengumpulkan beberapa data dan dokumen, di antaranya adalah nomor ponsel, KTP, SIM, dan fotocopy STNK.

Dokumen-dokumen tersebut nantinya hanya perlu Anda kumpulkan ke kantor tanpa perlu melakukan tes.  Hal tersebut berbeda dengan syarat dari Grab. Untuk menjadi mitra bisnis dari Grab, Anda perlu mengikuti beberapa tes berkendara. Anda akan diberikan kesempatan sebanyak 3 kali untuk bisa lolos dari tes yang diberikan. Jika Anda berhasil lolos, maka Anda juga akan dianggap lolos menjadi mitra bisnis dari Grab.

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan yang ada antara Gojek dan Grab. Hal-hal di atas bisa menjadi pertimbangan ketika Anda hendak memilih menggunakan salah satu di antara aplikasi tersebut. Sebuah kabar juga beredar bahwa grab dibeli gojek. Namun, hal tersebut masih belum memiliki kepastian. Hal tersebut masih menjadi perbincangan di antara kedua belah pihak. Jadi, tunggu saja kelanjutan dari dua aplikasi yang memiliki pasar cukup besar di Indonesia ini ya

Baca:  4 Cara Topup Driver Gojek Yang Sangat Mudah Terbaru | Grabjek.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *