6 Hal Gojek Vermuk Terbaru Yang Harus Kamu Tahu | Grabjek.com

Gojek Vermuk - Vermuk atau verifikasi muka pada Gojek menjadi wacana yang diperbincangkan sejak tahun lalu. Namun kebijakan ini baru benar-benar diberlakukan setelah menjalani uji coba pada Mei hingga Juni 2020. Banyak yang mempertanyakan urgensi vermuk, mengingat sudah cukup dokumen yang dilampirkan ketika registrasi. Lalu apa sebenarnya vermuk gojek driver 2020 itu?

Informasi Seputar Gojek Vermuk

Gojek menyatakan bahwa verifikasi muka diberlakukan untuk menghindari adanya joki yang memanfaatkan layanan Gojek. Seperti diketahui bahwa selama ini banyak joki yang menggandakan akun dan melakukan perbuatan ilegal lainnya dengan menggunakan platform Gojek, sehingga perlu diambil tindakan preventif. Berikut informasi lengkap seputar pemberlakuan vermuk Gojek.

  1. Apa Itu Vermuk Gojek?

Gojek vermuk terbaru adalah fitur terbaru yang diberikan oleh Gojek sebagai penanda identitas masing-masing pengemudi. Sistem ini mengenali wajah seseorang yang kemudian diteruskan pada server pusat Gojek. Tujuan dari ditambahkannya fitur ini adalah untuk mencegah pemalsuan identitas driver serta mencegah joki yang melakukan tindakan ilegal melalui Gojek.

Verifikasi muka ini mengharuskan driver untuk mengunggah foto wajah dalam bentuk selfie. Formatnya harus sesuai dengan yang diminta oleh server, sehingga tidak jarang driver harus mengunggah dan menunggu beberapa kali hingga foto yang diunggah sesuai permintaan. Fitur ini masih dalam tahap penyempurnaan sehingga belum sepenuhnya bekerja dengan optimal dalam menangkap sensor wajah.

  1. Bagaimana Cara Kerja Vermuk Gojek?

Untuk setiap akun gojek vermuk 2020 yang baru dibuat, driver diharuskan mengikuti verifikasi muka. Vermuk ini hanya dilakukan sekali saja ketika driver login pada akun. Oleh karena itu, jika akun sudah dalam keadaan login otomatis, tidak harus melakukan vermuk berkali-kali yang bagi beberapa orang dianggap cukup ribet serta tidak praktis.

Baca:  Versi Aplikasi Gojek Paling Gacor yang Harus Anda Coba

Cara kerja vermuk mengenali wajah driver berdasarkan identitas yang telah terdaftar. Ketika pengguna sudah mendaftar sebagai mitra driver, berarti sudah pernah menyerahkan perlengkapan administratif yang berisi identitas asli seperti KTP, STNK, serta SIM. Verifikasi muka mencatat wajah pemilik resmi identitas tersebut.

Vermuk menggunakan kamera depan pada smartphone driver, sehingga sebutannya selfie. Wajah driver harus berada di posisi dan titik yang sesuai permintaan aplikasi. Ketika fitur sudah mensensor wajah, maka akan dijadikan data untuk diteruskan pada server. Dengan demikian, akan ketahuan jika suatu saat ada driver yang wajahnya berbeda dari data muka tersimpan.

  1. Mengapa Gojek Menerapkan Vermuk?

Fitur verifikasi gojek driver diberlakukan bukan tanpa alasan. Rasionalisasi yang pertama, fitur ini mencegah adanya joki driver yang menggunakan identitas dan akun orang lain. Muka yang telah diverifikasi harus sama setiap kali driver melakukan login sehingga kecil kemungkinan ada joki yang memakai akun orang lain.

Kedua, fitur ini dikatakan mampu meningkatkan keamanan akun. Gojek semakin memperketat peraturan agar akun mitra tidak ada yang meretas dalam bentuk apapun. Pengenalan wajah dalam bentuk biometrik relatif lebih susah diretas daripada sistem keamanan lain, sehingga Gojek pun menggunakan metode ini untuk scanning tambahan.

  1. Apa Kelebihan dan Kekurangan Vermuk Gojek?

Fitur vermuk pada gojek versi terbaru mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan vermuk ini sudah pasti dari segi keamanan akun. Mitra pun bisa lebih tenang tanpa harus khawatir akun akan ada yang meretas atau menyalahgunakan, karena telah diproteksi dengan sistem ketat.

Adapun kekurangan vermuk ini adalah cukup ribet dan cenderung tidak praktis. Bayangkan jika setiap login harus melakukan vermuk, sementara tidak selalu kondisi driver berada di posisi yang memungkinkan mengambil selfie. Misalnya di tempat minim pencahayaan atau saat malam hari. Akan membutuhkan waktu lama hanya untuk vermuk

Baca:  Cara Bayar Grab Pakai OVO dan Kumpulan Promo OVO 2020

Selain itu, sistem vermuk dianggap masih belum responsif dalam mengenali muka. Beberapa kali pengguna harus mengubah posisi agar lebih pas, tetapi masih belum juga tersensor dengan baik. Hal ini tentu bisa memakan banyak waktu yang seharusnya bisa dipakai driver untuk segera on-bid. Terlepas dari kekurangan teknis, fitur ini memang masih dalam tahap penyempurnaan sehingga perlu pembenahan di berbagai sisi.

  1. Syarat Vermuk Gojek

Syarat untuk daftar bypass vermuk gojek cukup mudah, tapi butuh kesabaran. Secara teknis, pengguna hanya harus mengikuti arahan dari aplikasi bagaimana memposisikan wajah sehingga tersensor oleh fitur. Namun terkadang sudah beberapa kali mengubah posisi, tetapi masih belum tersensor jadi harus coba beberapa kali. Berikut syarat vermuk Gojek.

  • Wajah harus terlihat jelas tanpa mengenakan atribut apapun, seperti kacamata, topi, masker, bahkan helm.
  • Wajah tidak boleh tertutupi oleh rambut.
  • Kondisi pencahayaan harus baik, hindari tempat yang remang-remang. Jika pencahayaan minim manfaatkan fitur kamera depan dengan flash atau pencerah lainnya.
  • Wajah harus diambil langsung dari smartphone dengan cara selfie. Tidak diperkenankan memakai gambar hasil editan atau cetak ulang.
  • Wajah harus diposisikan di tengah, usahakan pas pada bingkai kamera. Bagian ini yang membutuhkan kesabaran karena kadang butuh waktu agak lama.
  • Pandangan lurus menatap ke arah kamera.
  1. Cara Daftar Vermuk Gojek

Untuk mendaftar vermuk, driver harus login terlebih dahulu. Setelah itu akan otomatis muncul perintah vermuk. Ketika kamera biometrik sudah muncul, posisikan smartphone dan atur wajah agar tampak semua. Tunggu beberapa saat hingga sistem mensensor wajah. Setelah terekam, barulah driver bisa masuk ke akun seperti biasa.

 

Itulah informasi seputar vermuk yang akan diberlakukan Gojek bagi pengguna baru. Persyaratan verifikasi muka gojek 2020 tidak hanya berguna untuk para driver saja, tetapi juga penumpang yang menjadi user baru Gojek. Langkah ini merupakan salah satu bentuk keamanan agar mencegah akun dibobol atau disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Baca:  Obat Vermuk Gojek Terbaru 2020 : Syarat & Cara Daftar Terbaru

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *